Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Kamis, 06 Desember 2018

Mengenal Peternakan Sapi Angus Terbesar Di Australia


Inilah Peternakan Sapi Black Angus Terbesar, Rangers Valley Australia

Sapi Angus atau Sapi Aberdeen Angus Scotlandia. Sapi Angus atau Aberdeen angus yaitu jenis sapi unggul ber kwalitas super. Berternak Sapi angus atau Sapi Aberdeen Angus. Sapi yang ternakkan dengan tujuan sebagai penghasil daging merupakan pengertian dari sapi potong atau dapat juga disebut sapi pedaging. Ciri paling khas sapi Angus yaitu warnanya yang serba hitam (ala ninja) pada sekujur tubuhnya. Jika dalam bahasa Jawa sapi ini sangat gampang diingat alasannya yaitu namanya Angus kalau dalam bahasa jawa dapat berarti gosong dan semua yang gosong tentunya berwarna hitam jadi klop dengan warna kulit jenis sapi ini. Dikarenakan asalnya yaitu dari suatu tempat yang berjulukan Aberdeen Shire dan Aungushire di Negara Scotlandia sana maka sapi Angus ini mempunyai nama resmi atau nama terkenal Aberdeen Angus.
Puluhan ribu sapi diternakkan secara alami di Rangers Valley, Australia. Lebih dari 32 ribu sapi diberi pakan khusus sampai siap disembelih secara halal. Mengunjungi Rangers Valley di Glen Innes, New South Wales, detikFood (12/9) bersama rombongan Holycow! Steakhouse by Chef Afit berkesempatan melihat proses pemeliharaan sapi hitam Australia. Di lahan seluas 4.500 hektar, puluhan ribu sapi diternakkan dengan metode alami.

Disebut alami alasannya yaitu Rangers Valley tak menggunakan materi kimia, ibarat suntik hormon pada proses pemeliharaannya. Begitu juga dengan pakan sapi long fed pure angus dan crossbreed (persilangan) wagyu yang hanya berupa gandum saja.

Foto: detikfood
Ciri fisik sapi Angus lainnya yaitu tidak mempunyai punuk dan juga tidak mempunyai tanduk, bentuknya agak pendek tetapi gerakannya lincah atau aktif bergerak. Berat sapi Aberdeen Angus Jantan Dewasa dapat mencapai 1 ton atau lebih tergantung dari intensifnya pemeliharaan jenis sapi ini. Sedangkan berat yang betina sampaumur umumnya natara 500 - 750 kg. Keunggulan dari segi daging, sapi Angus mempunyai komposisi daging yang seratnya padat dan halus sehingga sangat disukai, kalau dibandingkan dengan jenis sapi lain.
Alex dan Hossam Shabayk selaku Business Development Manager MENA & Southeast Asia Rangers Valley menjelaskan sapi diberi makan 70 persen gandum (wheat) dan 30 persen barley. Rasionya harus sempurna alasannya yaitu akan menghipnotis kualitas daging. Proses pencampuran pakan dilakukan dengan mesin sehingga dalam 1 jam dapat menghasilkan 40 ton. Tak heran mengingat tiap sapi di sini umumnya diberi 22 kg pakan per hari.

"Dalam sehari sapi diberi dua kali makan, 40 persen di pagi hari dan 60 persen di sore," tutur Alex. Total, sehari Rangers Valley perlu menyediakan lebih dari 600 ton pakan sapi. Racikan pakan ini berbeda di tiap peternakan alasannya yaitu mereka punya 'resep' masing-masing.

Foto: detikfood
Keunggulan Sapi Angus

  • Memiliki sifat yang lebih banyak didominasi sehingga sangat anggun untuk disilangkan dengan sapi lain
  • Tidak mempunyai tanduk sehingga relatif kondusif kalau dipelihara secara koloni merupakan keunggulan yang tidak dimiliki jenis sapi lain.
  • Bentuk tubuh panjang dan kompak meskipun ukuran tingginya termasuk pendek. Tubuh yang panjang dan kompak mengatakan persentase karkas yang anggun dan daging yang padat.
  • Jarang mengalami kesulitan ketika beranak serta mempunyai sifat keibuan yang sangat bagus
  • Mudah menurunkan sifat marbling atau perlemakan dalam daging pada anak-anaknya. Sifat ini (marbling) sangat disukai dinegara-negara eropa tetapi di Indonesia khususnya pasar daging lokal tidak menyukai daging yang berlemak.
Selain itu, sapi Rangers Valley dibesarkan di area sumbangan pakan (feedlot) dalam kurun waktu berbeda. "Untuk Black Angus perlu dipelihara selama 270 hari, sedangkan Wagyu selama 1 tahun," kata Alex.

Ada juga Full Blood Wagyu yang dihasilkan dari sapi pure wagyu. Jenis sapi ini dipelihara lebih usang sampai 500 hari. Hasilnya profil rasa dagingnya lebih kuat. Dari puluhan ribu sapi yang ada di Rangers Valley, semuanya terpantau alasannya yaitu tiap sapi diberi penanda di telinganya. Informasinya berupa nomor yang meliputi nomor binatang sebagai individu, nomor grup sampai berat tubuh sapi ketika masuk.

Foto: detikfood

Hossam mengklaim ketika ini Rangers Valley mungkin menjadi peternakan sapi hitam terbesar di dunia. Ia menekankan aspek alami dalam proses pemeliharaan sapi hitamnya. Yang tak kalah penting juga aspek kesejahteraan binatang (animal welfare) yang sangat dijunjung tinggi.

Sumber detik.com dan sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar