Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Selasa, 06 November 2018

Cara Mengetahui Masakan Mengandung Borak Memakai Kunyit


Waspada Kandungan Borak Pada Makanan, Tes Dengan Cara Ini!
Boraks yaitu adonan garam mineral konsentrasi tinggi yang digunakan dalam pembuatan beberapa kuliner tradisional, menyerupai karak dan gendar. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat.
Perbedaan Bleng dan Boraks: Bleng yaitu sebutan terkenal untuk salah satu zat kimia berbahaya yang berjulukan Natrium Biborat, Natrium Piroborat, Natrium Teraborat. Bleng yaitu bentuk tidak murni dari boraks atau asam borat murni yang biasa dibentuk oleh industri farmasi. Sedangkan Boraks yaitu senyawa kimia yang berbahaya untuk dikonsumsi, yang mempunyai sebutan kimia natrium tetrabonat (NaB4O7 10H2O). Bisa ditemukan dalam bentuk padat, dan bila larut dalam air akan menjadi natrium hidroksida dan asam borat (H3BO3). Boraks atau asam borat umumnya digunakan untuk materi pembuatan deterjen, bersifat antiseptik dan mengurangi kesadahan air. Baik Boraks atau blenk sangat diharamkan pemerintah untuk dikonsumsi, namun masih banyak digunakan sebagai materi komplemen pada makanan. Secara umum untuk diketahui semoga kita berhari-hati, umumnya kuliner olahan yang paling sering dicampur borak seperti, mie, bakso, dan kerupuk. Penyalahgunaan boraks yang juga telah umum untuk kuliner juga sering ditemui pada lontong, ketupat, dan kecap.

Ciri Makanan Mengandung Boraks

Ada aneka macam alasan yang mendorong produsen pangan untuk menambahkan boraks dalam makanan. Di antaranya, boraks gampang diperoleh di pasaran, harganya relatif murah, menciptakan kuliner tampak lebih menarik, tidak eksklusif menjadikan dampak negatif, dan informasi bahwa boraks merupakan materi berbahaya masih relatif terbatas, sementara materi ini telah digunakan semenjak lama.

Makanan yang mengandung boraks sanggup dikenali dari ciri-ciri berikut ini:
  • Bentuk dan tekstur lebih kenyal dan padat.
  • Memiliki anyir menyengat atau mencurigakan.
  • Makanan tidak rusak hingga tiga hari, pada suhu kamar sekitar 25 derajat Celcius
  • Makanan sanggup bertahan lebih dari 15 hari, pada suhu lemari es sekitar 10 derajat Celcius
Cara Praktis Test Kandungan Borak Pada Makanan Dengan Menggunakan Kunyit

Anda semua tentu kenal yang namanya kunyit salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di kalangan ibu ibu rumah tangga.

Manfaat kunyit sebagai obat herbal juga sudah banyak diketahui. Ternyata ada satu manfaat lagi dari kunyit yang belum banyak diketahui orang yaitu sebagai detektor borak atau bleng. Berikut beritanya:

Dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila telah menemukan cara mendeteksi BORAX dengan cara yang sangat gampang dan praktis, yakni dengan TUSUK GIGI.

Tusukkan tusuk gigi ke KUNYIT terlebih dahulu, kemudia tusukkan pada kuliner yang akan diuji selama 5 detik, maka akan terlihat apakah kuliner tersrbut mengandung BORAX atau tidak. Karena KUNYIT akan bereaksi terhadap materi kimia.

Bila ada kandungan boraxnya, maka tusuk gigi tersebut akan berwarna MERAH. Mereka menamakan temuannya dg SIBODEX (stick of borak detector).

Temuan mereka ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi penemuan anak muda tingkat dunia.Ternyata manfaat kunyit untuk deteksi borak yang menemukan malah anak anak SMA.

Efek Negatif dan Bahaya Borak Bagi Kesehatan
Berikut beberapa dampak berbahaya yang mungkin terjadi pada Anda bila mengonsumsi kuliner mengandung boraks:
  • Demam
  • Muntah
  • Mual
  • Mata merah
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Sesak napas
  • Perdarahan dari hidung
Jika boraks masuk ke dalam badan Anda dalam jumlah besar, maka dalam periode yang singkat sanggup mengakibatkan bermacam-macam persoalan kesehatan serius, berupa gangguan lambung, usus, hati, bahkan gagal ginjal akut yang sanggup mengakibatkan kematian.

Diolah dari aneka macam sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar