Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Kamis, 31 Januari 2019

Ingin Tanam Kangkung Tetapi Lahan Anda Sempit? Gunakan Polybag

Cara Bertanam Kangkung Organik Di Polybag, Solusi atas Sempitnya Lahan Pekarangan 

Jenis-jenis Kangkung dan Varietasnya

Sebelum mulai budidaya kangkung di polybag, lebih baik bila kita kenali dulu jenis-jenis kangkung yang beredar dipasaran. Jenis tumbuhan Kangkung ada dua macam, yaitu kangkung darat (Ipomea Reptans) dan Kangkung air (Ipomea Aquatis). Kangkung darat berwarna hijau jelas dengan ujung daun yang runcing dan mempunyai bunga yang berwarna putih. Kangkung air daunnya berwarna hijau aga gelap dengan ujung yang membulat atau lebih tumpul, sehingga terlihat lebih lebar. Bunga kangkungnya biasanya berwarna ungu.

Kangkung darat yang kami gunakan yaitu varietas Sutera. Varietas ini merupakan varietas kangkung introduksi dari Hawaii, yang dilepas oleh Kementrian Pertanian pada Tahun 1980 sesudah melalui pengujian oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa). Kandungan Gizi cukup tinggi terutama vitamin A, Vitamin C, zat Besi, Kalsium, Potasium dan Fosfor (Eri Sofiari dalam Rahman dan Parkplan 2004). Kaprikornus bagi yang kekurangan Vitamin A atau C bisa memperbanyak mengkonsumsi kangkung.

Kangkung ini bisa tumbuh dalam keadaaan tegak atau menjalar. Tinggi tumbuhan kangkung yang tegak bisa mencapai 45 cm. Kangkung ini batangnya berbuku-buku dan pecahan dalamnya berongga. Tanaman kangkung ini bisa bertahan hidup lebih dari satu tahun. Pada hari ke 39 sesudah tanam gres bisa dipanen, dengan produktivitas 23 ton/hektar.

Kangkung Sutera mempunyai keunggulan, diataranya yaitu :
  • Tahan terhadap penyakit karat daun (Puccinia SP), 
  • Tahan virus kuning dan 
  • Tahan Kekeringan.

Kalau kita perhatikan di pasar traditional atau di pasar modern, kangkung darat lebih banyak dijual. Dan harganya pun relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan kangkung air. Apalagi kangkung yang ditanam secara organik, niscaya harganya lebih tinggi lagi.

Cara Praktis Menanam Kangkung Di Polybag




Sebelum menanam kangkung siapkan media tanam dan benih kangkungnya. Yang disiapkan diantaranya yaitu polybag ukuran 30 cm, sekop kecil, pupuk kandang, tanah dan sekam.

Kangkung sutera yang kami tanam bukan di tanah langsung, tapi ditanam didalam polybag. Kebetulan dikala kami menanam yaitu animo hujan. Dan musin hujan yaitu waktu yang paling baik untuk menanam kangkung. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menanam kangkung Sutera adalah:

Media Tanam
Media tanam yang kami gunakan untuk mengisi polybag yaitu adonan sekam, tanah dan pupuk kandang. Dengan perbandingannya 1:1:1


Pembibitan
Kangkung darat varietas Sutera ini ditanam dari biji, kebutuhan benih 400 gram/ ha. (kalau punya lahan luas ini ya... ), tapi alasannya memanfaatkan lahan sempit, untuk mempermudah , disini bibit eksklusif ditanam pada polybag yang cukup besar. Kaprikornus tidak perlu memindahkan dari media pembibitan ke media penanaman. Jika kita meggunakan polybag yang ukuran 30 cm, maka kebutuhan biji per polybagnya diubahsuaikan saja, dan saya sarankan tidak terlalu banyak, cukup 10 – 15 butir saja per polybagnya. Dan letaknya diatur.

Pemeliharaan (Penyiraman dan Pemupukan).
Perawatan tumbuhan tidak banya dilakukan kecuali hanya membersihkan rumput atau gulma yang tumbuh di sela-sela tanaman. Jangan memakai fungisida atau pestisida. Kangkung disiram pagi dan sore. Jika tumbuhan terlihat kurang subur bisa ditambahkan lagi kompos.

Pemanenan Kangkung

Tanaman kangkung gres bisa dipanen sesudah berumur 40 hari. Tanaman bisa dipanen serentak ( dibabat habis). Tapi bila ingin mempertahankan penanaman sampai lama, contohnya 5-6 bulan, maka panen bisa dilakukan 4 bulan sekali dengan memangkas stek pucuk.

Hasil pangkasan merupakan panen pertama dan pangkasan/ panen selanjutnya dilakukan setiap sebulan sekali. Pertanaman sanggup dibongkar sesudah tumbuhan berumur 6 bulan, alasannya biasaya tumbuhan tampak kerdil, dan memang harus diperbaharui atau disulam dengan tumbuhan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar