Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Kamis, 31 Januari 2019

Manfaat Biji Adas Bagi Kesehatan

Manfaat Biji Adas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Adas telah usang dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional dan juga bumbu masakan. Minyak adas yang dikandung bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon. Tanaman yang mempunyai nama latin Foeniculum vulgare Miller ini masuk dalam suku adas-adasan atau Apiaceae (Umbelliferae).
Adas mengandung minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1 – 6%, mengandung 50 – 60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. 

Kandungan anetol yang mengakibatkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan mempunyai kegunaan karminatif. Akar mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin).
Selain sebagai bumbu masak, tanaman Adas mempunyai banyak kegunaan mulai dari akar, daun, batang dan bijinya. Daun Adas dipakai sebagai diuretik (pelancar air seni) dan memacu pengeluaran keringat. 


Akarnya mempunyai kegunaan sebagai obat batuk, pencuci perut dan sakit perut sehabis melahirkan. Tanaman muda dipakai juga sebagai obat gangguan terusan pernapasan dan dari ekstrak buah Adas sanggup dipakai untuk mengobati mulas.

Ciri-ciri Tanaman Adas
Adas yaitu terna berumur panjang berbentuk herba yang berbau harum, berwarna hijau terang, tegak, dan sanggup mencapai dua meter tingginya. Daun tumbuh sehingga 40 sentimeter panjang, berbentuk pita, dengan segmen terakhir dalam bentuk rambut, kira-kira selebar 0,5mm. Bunga yang dihasilkan di ujung tangkai yaitu bunga beragam yang berdiameter 5 hingga 15cm. Setiap bab umbel mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang amat kecil pada pedikel-pedikel yang pendek. Buahnya yaitu biji kering berbentuk lonjong, berusuk, panjang 6 – 10 mm, lebar 3 – 4 mm, masih muda hijau sehabis renta cokelat agak hijau atau cokelat agak kuning hingga sepenuhnya cokelat. Bijinya yang dikeringkan dikenali sebagai biji adas. Buah masak mempunyai bacin khas aromatik, jikalau dicicipi rasanya relatif mirip kamfer.

Khasiat Tanaman Adas Sebagai Obat Tradisional

Sebagai Obat Batuk
a. Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gr diseduh dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah cuek disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk hingga merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, hingga sembuh.
b. Siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekan 10 kuntum, bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang jahe 1 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air higienis hingga tersisa setengahnya. Setelah cuek disaring, kemudian diminum. Lakukan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Mengatasi Sesak Napas
a. Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes diseduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari, hingga sembuh.
b. Siapkan adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/4 jari, rimpang kencur 2 jari, rimpang temulawak 1 jari, jintan hitam 114 sendok teh, daun poncosudo (Jasminum pubescens) 1/4 genggam, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya.
Bahan-bahan tadi kemudian direbus dengan 4 1/2 gelas air higienis hingga tersisa kira-kira separonya. Setelah cuek disaring, dan siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Meringankan Sariawan
Siapkan adas 3/4 sendok teh, ketumbar 3/4 sendok teh, daun iler 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun sembung 1/4 genggam, pegagan 1/4 genggam, daun kentut 1/6 genggam, pulosari 3/4 jari, rimpang lempuyang wangi 1/2 jari, rimpang kunyit 1/2 jari, kayu anggun 3/4 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya.
Bahan-bahan tadi kemudian direbus dengan 4 1/2 gelas air higienis hingga tersisa separonya. Setelah cuek disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, setiap kali cukup 3/4 gelas.

Mengatasi Haid Tidak Teratur
Siapkan daun dan bunga srigading masing-masing 1/5 genggam, jinten hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari, bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula kerikil sebesar telur ayam, dicuci kemudian dipotong-potong seperlunya.
Bahan-bahan tadi kemudian direbus dengan 3 gelas air higienis hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah cuek disaring, minurn 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Mengobati Batu Empedu
Serbuk buah adas sebanyak 5 gr diseduh dengan 1 cangkir air panas. Minum selagi hangat.

Manfaat Biji Adas Lainnya:


Herba adas mempunyai kegunaan sebagai anti – emetik. Akar sebagai pencahar dan diuretic, sedangkan minyak dari buah ( minyak adas, fennel oil) mempunyai kegunaan sebagai stimulant,  larminatif,  antibakteri, dan antelmintik. Minyak atsiri yang terkandung dalam biji adas yaitu salah satu senyawa aktif materi dasar pembuatan obat,  kebanyakan  minyak tersebut dimanfaatkan sebagai  produk minyak telon untuk menenangkan lambung.
Tanaman yang mempunyai banyak kandungan dan  kaya manfaat bagi badan kita sangat sayang jikalau kita tidak memanfaatkan dan memeliharanya,  alam sudah menyediakan apa yang kita butuhkan, maka kita seharusnya lebih menyayangi alam dan memeliharanya,  kami bertujuan ingin mengajak masyarakat turut andil dalam memelihara alam, dan memanfaatkan seisinya dengan baik.

Komponen aktifnya, anisaldehida, meningkatkan khasiat streptomycin untuk pengobatan TBC pada tikus percobaan. Meningkatkan peristaltik terusan cerna dan merangsang pengeluaran kentut (flatus). Menghilangkan cuek dan dahak. Minyak adas yang mengandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid mempunyai kegunaan menyejukkan  saluran cerna dan bekerja ibarat perangsang napsu makan.
Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar