Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Rabu, 30 Januari 2019

Manfaat Buah Pinang Dan Cara Budidaya Pohon Pinang Yang Baik

Sekilas Budidaya Pohon Pinang, dari Pembibitan hingga Panen


Pinang yaitu sejenis palma yang tumbuh di tempat Pasifik, Asia dan Afrika potongan timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang.
Pohon pinang biasanya banyak dicari orang ketika menjelang perayaan 17 Agustusan atau perayaan hari kemerdekaan RI. Tahu kan lomba panjat pinang? Ya tentu saja perlombaan ini menyerupai menjadi suguhan wajib ketika perayaan kemerdekaan di beberapa tempat meskipun dibeberapa tempat lain tradisi ini mulai hilang.

Penyiapan Lahan
Memilih lahan yang sesuai sangat besar lengan berkuasa bagi pertumbuhan pohon pinang secara optimal. Lahan yang paling sesuai bagi pohon pinang yaitu lahan dataran rendah, berkisar antara 600 hingga 1000 m di atas permukaan laut. Karena merupakan tumbuhan tropis, pohon pinang juga membutuhkan iklim dengan curah hujan dan kelembaban yang tinggi. Sediakan tanh dengan tingkat keasaman yang berkisar antara 4 – 8 PH. Usahakan untuk melaksanakan penyinaran selama 6 – 8 jam perhari biar batang pohon lebih kuat serta tumbuhan tidak mencuat terlalu tinggi. Kalau diringkas maka habitat yang cocok untuk pohon pinang harus mempunyai syarat sebagai berikut:

Tinggi Tempat. Tanaman Pinang sanggup berproduksi optimal pada ketinggian 0–1.000 m dpl (meter diatas permukaan laut). Tanaman pinang idialnya ditanam pada ketinggian dibawah 600 m diatas permukaan laut.

Tanah. Tanah yang baik untuk pengembangan pinang yaitu tanah beraerasi baik, solum tanah dalam tanpa lapisan cadas, jenis tanah laterik, lempung merah dan luvial. Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan tumbuhan pinang sekitar pH 4-8.

Curah Hujan. Curah hujan yang dikehendaki tumbuhan pinang antara 750-4.500 mm/tahun yang merata sepanjang tahun atau hari hujan sekitar 100-150 hari. Tanaman pinang sangat sesuai ditanam pada tempat yang bertipe iklim sedang dan agak berair dengan bulan berair 3 - 6 bulan/tahun dan bulan kering 4-8 bulan/tahun.

Suhu dan Kelembaban. Tanaman pinang sanggup tumbuh dengan baik pada suhu optimum antara 20º - 32º C. Tanaman pinang menghendaki tempat dengan kelembaban udara antara 50 – 90 %.

Penyinaran. Penyinaran yang sesuai untuk tumbuhan pinang berkisar antara 6-8 jam/hari. Pengaruh cahaya matahari terhadap tumbuhan pinang sebagai berikut:
1). Ruas batangnya lebih pendek dibanding tumbuhan yang terlindung.2). Tanaman tidak cepat tinggi.3). Fisik tumbuhan lebih kuat.4). Persentase bunga untuk menjadi buah lebih besar.


Perkecambahan
Tanamlah biji pinang ke dalam tanah lahan anda sedalam setengah meter dengan jarak yang merapat anatar satu biji dengan lainnya. Siramlah biji tersebut dua kali sehari setiap pagi dan sore hari. Jangan paparkan biji kepada sinar matahri langsung. Buatkanlah pelindung atau semacam payung untuk melindungi pertumbuhan biji pinang tersebut. Jauhkan lahan perkecambahan dari gangguan hama atau gulma dengan memagari lahan tersebut. Proses ini akan terus berlangsung kurang lebih selama 1,5 – 2 bulan.

Pembibitan Pohon Pinang
Ada dua tahap utama dalam proses pembibitan pohon pinang. Tahap pertama yaitu menyiapkan polybag berukuran tinggi 15 cm. Berikan lubang pada potongan bawah polybag dan isi dengan tanah hingga 2/3 bagian. Tanam bibit pada polybag tersebut dan tunggu hingga tumbuhan mencapai umur 5 bulan. Tahap kedua dilakukan dengan memindahkan bibit pinang diatas ke dalam polybag gres yang bervolume 6 kg dan telah diisi tanah subur hingga 2/3 bagian. Jangan lupa untuk menyiram dan member pupuk tipe NPK dengan takaran sekitar 20g per polybag.

Penanaman dan Pemanenan
Apabila bibit pinang tersebut telah tumbuh sehat, maka sudah saatnya memindahkan polybag tersebut ke lahan anda. Agar penanaman lahan pinang terlihat rapi dan optimal, harus dilakukan upaya pemancangan serta penanaman bambu ajir di sekitar tanaman. Hal ini akan menunjukkan jarak di tiap – tiap pohon biar mereka tidak saling dempet. Buah pinang akan sanggup dipanen sesudah mencapai umur 3 tahun. Jangan lupa melaksanakan pemupukan selama dua kali setahun biar pohon tetap menghasilkan buah.  Pohon pinang tersebut apabila dirawat dengan baik akan bisa bertahan hingga 150 tahun. Satu pohon Pinang bisa menghasilkan buah pinang sebanyak lebih kurang 20 Kg setiap bulan sesudah memasuki usia panen. Makara kalau anda berhasil menanam pohon ini dengan benar maka hasil buah pinang akan kontinyu anda nikmati selama bertahun-tahun.


Kandungan  dan Manfaat Buah Pinang Untuk Pengobatan
Biji pinang yang mempunyai rasa pahit itu mengandung alkoloida menyerupai arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline) yang mempunyai sifat racun dan adiktif. Beberapa jenis pinang akan menyebabkan rasa pening kalau dimakan. Beberapa kandungan senyawa penting pada buah pinang antara lain adalaharecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine (guacine) dan beberapa unsur lainnya.
Buah pinang mempunyai berbagai manfaat sebagai tumbuhan obat, beberapa manfaat buah pinang sebagai tumbuhan obat adalah: 

Keluar Darah Berlebihan. Air rebusan biji pinang juga dipakai untuk mengatasi penyakit menyerupai haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, kudis dan mencret.


Sakit pinggang. Ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun tersebut dan hangatkan. Daun pinang yang tenah ditumbuk dikompreskan di tempat yang sakit.

Kudis. Parut satu biji buah pinang. Campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Oleskan di potongan yang sakit.

Difteri. Siapkan dua biji buah pinang kemudian rebus dalam dua gelas air. Tunggu hingga tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Minum perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri.

Mengecilkan Rahim. Biji pinang muda dipakai kaum perempuan untuk mengecilkan rahim sesudah melahirkan. Caranya masak buah pinang muda kemudian airnya diminum hingga rahim kembali ke bentuk normal.

Rabun Mata. Untuk mengobati rabun mata. Cukup dengan eksklusif dikunyah dan airnya ditelan.

Meningkatkan gairah. Meningkatkan gairah seks kaum pria. Khasiat ini di ketahui sebab di dalam pinang terkandung arekolin. Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil kemudian kunyah dan makan. Cara lain, ambil satu biji buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu hingga menjadi satu gelas. Keduanya mempunyai khasiat yang sama.

Mengobati luka kulit. Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, kemudian ditempelkan pada potongan badan yang terluka. 

Obat cacingan. Siapkan seperempat potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak, dan setengah jari rimpang kunyit. Semua materi tersebut direbus kemudian disaring. Minum air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan. Untuk mengobati cacingan, khususnya untuk mengobati cacing pita. Ramuan lainnya bisa dengan cara merebus biji pinang muda hingga mendidih, dinginkan airnya, kemudian minumkan air rebusan biji pinang tersebut kepada penderita cacingan.

Menguatkan gigi dan gusi. Ambil beberapa biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah irisan tersebut.

Mengobati pendengaran bernanah. Caranya, ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus, peras airnya. Bersihkan terlebih dahulu pendengaran anak yang sakit dengan kapas, sesudah itu tetesi dengan air perasan pinang di potongan pendengaran yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat pendengaran dengan kapas biar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.
Jika ingin tahu kegunaan buah pinang yang lainnya Baca Juga: Dari Tradisi Mengunyah Kapur Sirih, Terbukti Inilah Manfaat Air Kapur Sirih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar