Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Kamis, 31 Januari 2019

Kayu Dan Getah Pohon Pinus: Manfaat Kesehatan Tersembunyi Dari Pohon Pinus

Manfaat Kayu dan Getah Pohon Pinus Bagi Industri dan Kesehatan
Pohon Pinus. Pohon pinus identik dengan daerah  pegunungan alasannya memang habitat hidupnya sebagaian besar flora ini di tempat dataran tinggi. Bagi para pendaki gunung, pohon pinus yakni menyerupai teman perjalanan yang selalu setia menemani pendakian. Banyak manfaat pohon pinus terutama dari kayu dan getahnya, Samingan (1980) dalam Yana Rahyana (1996) membuktikan bahwa sifat-sifat kayu pinus yakni kayunya termasuk kayu ringan sedang berat jenis antara 0,46 – 0,70, bab yang mendukung resin 0,95, kelas kuat II-III dan kelas baka kayu gubal 6-8 cm berwarna putih kekuning – kuningan, kayu ters berwarna lebih tua, coklat atau kemerahan, kekerasan daya kembang susut dan retak sedang, sifat pengerjaan lebih gampang patah tapi agak sulit digergaji. Batang umumnya berbentuk lingkaran dan lurus kulit berwarna coklat tua, kasar, berakar dalam dan menyerpih dalam potongan panjang. 



Getah Pinus. Pohon pinus mempunyai kayu gubal yang didalamnya terdapat sel-sel yang merupakan gudang pati dan persediaan materi lainnya untuk diubah menjadi persenyawaan gres dalam pembentukan sel-sel kayu dan getah. Kayu gubal merupakan pabrik getah, makin tipis kayu gubal bearti makin kecil hasil getahnya, sehingga getah yang dihasilkan berkurang. 

Secara garis besar, faktor-faktor yang kuat terhadap produksi getah pinus antara lain: 
  • Faktor dalam (internal) antara lain jenis pohon, diameter dan kesehatan pohon. 
  • Faktor luar (lingkungan) antara lain jarak tanam, cuaca dan kesuburan tanah. 
  • Faktor perlakuan (manusia ) antara lain, bentuk luka sadapan, arah (letak) luka sadapan dan upaya stimulasi. 

Aliran getah pinus dipengaruhi oleh tiga kondisi penting yaitu : 
  • Mekanisme pertahan fisiololigis yaitu terjadi peningkatan tekanan turgor yang sangat cepat sehingga jaringan epitel mengembang dan akan menyumbat saluran. Ini terjadi pada bab yang jauh dari luka, dimana jaringan masih hidup dan diikuti oleh pengeluaran getah yang sangat aktif.
  • Pengemulsiaan getah didalam ari yang terdapat pada cytoplasma sel, pergerakan serta pengelurannya melalui membran sel epitel ke dalam jalan masuk damar. 
  • Total kehilangan cairan tubuh sel serta pembalseman membran oleh getah. Pada tahap ini fatwa getah akan terhenti.

Pohon pinus dikenal akan aromanya yang menyegarkan. Tak jarang aroma pinus juga dipakai untuk terapi.. Namun ternyata, manfaat pinus tak berhenti hingga di situ. Selain manfaat dari kayu dan getahnya, pohon pinus masih menyimpan manfaat lain untuk kesehatan.



Beberapa Manfaat Pohon Pinus Untuk Kesehatan Tubuh Anda 

Mengobati Penyakit  bronchitis
Kemampuan pinus tak hanya untuk menenangkan diri, tetapi juga bisa meredakan pilek, sinus, sesak napas, dan ronchitis. Caranya mudah, tambahkan tiga tetes minyak esensial pinus pada semangkuk air panas. Kemudian tutupi kepala Anda dengan handuk, dan hirup aroma pinus melalui hidung dan mulut.

Mengurangi rasa nyeri pada otot

Minyak pinus juga bisa dipakai untuk meredakan nyeri otot. Caranya, tambahkan lima tetes minyak pinus dengan dua sendok minyak sayur. Lalu pijatkan pada bab badan yang nyeri otot. Namun pilih minyak pinus P. Pinaster, bukan Scotch pinus (P.sylvestris). Scotch pinus bisa menciptakan kulit iritasi.
 
Pohon Pinus Kaya akan Antioksidan (Flavonoid) dan vitamin C

Pada tahun 1940-an peneliti Prancis menemukan bahwa kulit pohon pinus dan daun jarumnya mengandung banyak vitamin C. Tak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa pohon pinus sarat akan antioksidan, yaitu flavonol dan bioflavonoid. Senyawa ini kemudian diekstraksi menjadi Pycnogenol dan dipasarkan menjadi komplemen diet. Pycnogenol juga dipakai sebagai obat jet lag, meringankan peredaran darah, nyeri lutut, kram menstruasi, bahkan obat untuk meningkatkan memori pada orang lanjut usia.

Manfaat Aroma Pinus Untuk Terapi Stress

Penelitian di Universitas Kyoto Jepang menawarkan bahwa berjalan-jalan di hutan pinus selama 15 menit per hari bisa menurunkan stres. Jika di tempat Anda sulit menemukan hutan pinus, maka ini bisa diganti dengan memakai minyak esensial pinus atau cemara. Selain meredakan stres, aroma pinus juga bisa menenangkan emosi.

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus