Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Kamis, 31 Januari 2019

Manfaat Daun Katuk, Pencegah Anemia Dan Sumber Antioksidan, Bukan Sekedar Memperlancar Asi

Manfaat Daun Katuk Yang Masih Jarang Diketahui
Daun Katuk sudah sangat usang dikenal masyarakat, terutama di lingkungan masyarakat pedesaaan, biasanya hanya untuk sayuran dan ibu menyusui. Manfaat daun katuk memang lebih terkenal untuk melancarkan ASI pada ibu menyusui, namun bergotong-royong khasiat daun katuk tidak hanya itu saja. Daun katuk (Sauropus androgynus) memang sudah bersahabat sekali bagi masyarakat Indonesia, ibarat yang aku sebutkan di atas,  terutama untuk melancarkan produksi air susu ibu (ASI). Daun katuk mengandung hampir 7% protein dan serat garang hingga 19%. Masih banyak lagi beberapa manfaat dan khasiat yang sanggup Anda dapatkan dari tumbuhan yang biasanya dipakai sebagai flora penghias pagar ini. Daun katuk sangat segar untuk dibentuk sayur bening, ibarat bayam dan beberapa sayur lainnya. Biasanya dauk katuk dimasak bersama oyong, dibumbui dengan irisan bawang merah dan putih serta banyak sekali macam bumbu kuliner lainnya. Disajikan dengan sambel terasi yang pedas niscaya menjadi hidangan yang pas untuk disantap siang hari. Terdapat banyak sekali kandungan gizi yang sanggup kita dapatkan. Diantaranya yakni kalori, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Selain kaya dengan kandunagn protein, lemak, vitamin, dan mineral, daun katuk juga mempunyai kandungan tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid papaverin sehingga sangat potensial untuk dijadikan materi pengobatan alami.

Kandungan gizi dalam 100 gram daun katuk:
  • Energi 59 kal
  • Protein 4,8 g
  • Lemak 1,0 g
  • Karbohidrat 11 g
  • Serat 1,5 g
  • Kalsium 204 mg
  • Fosfor 83 mg
  • Zat Besi 2,7 mg
  • Vitamin A 10.370 IU
  • Vitamin B1 0,1 mg
  • Vitamin C 239 mg
  • Air 81 gr
Berikut ini beberapa khasiat daun katuk untuk kesehatan.

Memperlancar ASI
Bagi para ibu yang sedang menyusui, untuk melancarkan ASI Anda sanggup mengkonsumsi daun katuk sebab mengandung senyawa asam seskuiterna dan kandungan-kandungan senyawa penting lainnya.

Kesehatan Mata
Daun katuk sanggup menyehatkan mata sebab terdapat kandungan Vitamin A di dalamnya untuk mencegah banyak sekali macam gangguan dan penyakit yang menyerang indera penglihatan kita.

Mencegah dan Mengatasi Anemia
Anemia atau kurang darah sanggup diatasi memakai daun katuk, hal tersebut sanggup terjadi sebab dalam setiap 100 gram zat daun katuk mengandung 2,7 miligram zat besi yang berkhasiat bagi penderita anemia. Selain zat besi, kandungan kalsium dalam daun katuk sebanyak 204 miligram atau empat kali lebih tinggi  dibandingkan kandungan mineral daun kol.
Klorofil Tinggi, Sebagai Antioksidan
Klorofil sanggup berfungsi untuk membersihkan jaringan tubuh, mengatasi parasite, bakteri, virus dan sebagai kawasan pembuangan sisa metabolisme tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan klorofil dalam daun katuk lebih banyak dari pada tumbuhan jenis lainnya.

Kolagen Untuk Imunitas
Daun katuk juga mempunyai kandungan kolagen yang sanggup berfungsi untuk mengangkut lemak, meyehatkan gusi sehat, meningkatkan imunitas, membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah, meyembuhkan luka dan meningkatkan fungsi otak.

Mencegah Osteoporosis
Kandungan kalsium pada katuk cukup baik, cocok diasup oleh kaum wanita yang tidak ingin terkena osteoporosis.

Mengatasi Hipertensi
Kadar kalsium yang sangat rendah sanggup menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.

Demikian sebagian manfaat daun Katuk, sebagai catatan, konsumsi daun katuk ini dihentikan berlebihan sebab daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan sanggup menyebabkan efek samping ibarat keracunan papaverin. Makara gunakan seperlunya saja biar sanggup memetik manfaat daun katuk ini secara optimal, jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar