Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Kamis, 31 Januari 2019

Mengenal Penyakit Lisan Dan Kuku Pada Sapi Yang Berbahaya

Apa Yang Disebut Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)?

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yaitu salah satu Penyakit Mulut penyakit menular pada sapi, kerbau, babi, kambing, rusa ,domba dan binatang berkuku genap dan Kuku lainnya ibarat gajah, mencit, tikus, dan babi hutan.
Sinonim : Aphthae epizooticae, Foot and mouth disease (FMD)
Penyakit ekspresi dan kuku pertama kali ditemukan di italia pada tahun 1514, yang selanjutnya menyebar ke Asia, Amerika Utara dan Selatan dan Afrika Selatan.

Etiologi
Penyakit ekspresi dan kuku disebabkan oleh picorna virus.

Hospes
Penyakit Penyakit ekspresi dan kuku ini sanggup menyerang pada golongan ruminansia ibarat sapi kerbau kambing domba dan juga babi.

picorna virus penyebab PMK
Patogenesis
Cara penularan penyakit ekspresi dan kuku yaitu melalui udara secara aerosol sehingga sanggup menyerang sapi pada jalan masuk pernafasan. Dan sanggup juga melalui kontak pribadi dengan binatang ekresi dan sekresi dari binatang yang menderita penyakit ekspresi dan kuku.
Penyakit ini dibagi menjadi 3 macam bentuk
Bentuk dermostomatitis yang hening (benigna)
Bentuk inrmadiate toxic dengan penyakit yang lebih berat
Bentuk ganas(malignant) dengan perubahan pada otot janung dan sklelet


Gejala klinis
Gejala yang ditimbulkan bervariasi tergantung pada kondisi dan factor virulensi dari Penyakit ekspresi dan kuku tersebut.
Gejala klinis yang mula mula terlihat antara lain suhu badan meningkat dan akan terlihat terang pada sapi yang masih muda. Kenaikan ini tanggapan dari fase viremia dari virus picorna virus. Dan biasanya suhu tersebut akan turun sehabis terbentuknya lepuh-lepuh.
Lepuh-lepuh tersebut sanggup ditemukan didalam ekspresi sehingga menyebabkan meningkatnya saliva dalam ekspresi sehingga terbentuk busa disekitar bibir.
Lepuh tersebut juga sanggup ditemukan pada ambing yang menyebabkan produksi susu turun dan kadang sanggup menyebabkan keguguran.
Pada tracak biasanya lepuh terjadi bersamaan dengan proses yang terjadi didalam mulut. Lepuh yang terjadi menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada binatang yang menderita, sehingga menyebabkan binatang tersebutmalas bergerak dan hanya mau berbaring.
Kesembuhan dari lesi yang tidak mengalami komplikasi akan berlangsung dengan cepat berkisar antara 1-2minggu, namun apabila ada bisul skunder maka kesembuhan akan tertunda.

 lesi mulut

lesi pada tracak


Diagnosis
Diagnosis dari penyakit ekspresi dan kuku didasarkan pada tanda-tanda klinis yang ditimbulkan. Selain itu dilakukan koleksi sampel pada binatang yang menderita untuk diperiksa dilaboratorium.
Sampel isolasi sanggup diambil melalui cairan lepuh, keropeng bekas lepuh, dan sampel darah.

Diferensial diagnosa
Diferensial diagnose atau diagnose banding dari penyakit ekspresi dan kuku antara lain
Vesicular stomatitis
Exanthema vesicular pada babi
Swine vesicular disease (SVD)
Penyakit sampar pada sapi
Bovine Viral Diarrhea Virus - Mucosal Disease (BVDV-MD)
Jembrana

Pada kambing dan domba : penyakit virus contagious ecthyma dan orf

Pengendalian dan pencegahan
Untuk mengendalikan penyakit ini sanggup dilakukan vaksinasi, tergantung pada keadaan setempat

Artikel Terkait :
Penyakit Akibat Percampuran Domba dg Sapi
Sapi Madura
Sapi Peranakan Ongole - PO
Sapi Brahman Cross
Sapi Angus
Sapi Hereford
Sapi Shorthorn
Sapi Limousin
Sapi Brahman
Sapi Simmental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar