Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Kamis, 31 Januari 2019

Pohon Kelapa, Dari Daun Hingga Akar Ada Manfaatnya

Menjelang Idulfitri ada satu kuliner favorit yang sangat jarang ketinggalan dan selalu diburu para ibu yaitu Ketupat. Terbayang ketupat nikmat dengan lauk opor ayam kampung, hm hmmmm... sungguh suguhan hari raya yang mustahil dilewatkan. Bahan untuk menciptakan bungkus ketupat tentu sudah banyak yang tahu yaitu janur kelapa. Janur Kelapa atau daun kelapa yang bagus untuk materi ketupat yaitu daun pucuk atau daun yang masih muda. Inilah pola kegunaan pohon kelapa yang kita ambil gres dari daunnya belum dari bab lainnya. Berikut ulasan ihwal pohon kelapa yang sanggup dimanfaatkan mulai pucuk hingga akar.

Tanaman yang sanggup menyesuaikan diri dengan baik di area berpasir ibarat pantai ini mempunyai ciri-ciri umum yang gampang dikenali, antara lain : Pohon terdiri dari batang tunggal , akar berbentuk serabut, dengan struktur yang tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol. Batang pohon beruas-dan bila pohon sudah tua, ruas-ruas tersebut akan berkurang,Batang kelapa merupakan jenis kayu yg cukup besar lengan berkuasa , tapi sayangnya kurang baik untuk bangunan. Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip. Bunga beragam dan terletak pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea, bunga terdiri dari bunga jantan dan betina.bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bab yang jauh dari pangkal. Buah kelapa umumnya besar, dengan diameter sekitar 10cm-20 cm bahkan sanggup lebih. Warna buah kelapa terngantung dari jenis pohonnya ( sanggup berwarna kuning atau hijau), untuk buah yang sudah bau tanah akan berubah warna menjadi coklat.



Manfaat Air Kelapa

Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon sanggup dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana ibarat glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. 

Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang diperlukan sebagai penganti ion tubuh. Oleh alasannya itu masuk akal jikalau sehabis minum kelapa muda badan kita terasa kembali segar. Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung bermacam-macam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jikalau air kelapa juga dimanfaatkan sebagai materi pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Di samping itu, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 hingga 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan materi baku produk pangan.

Air kelapa juga sanggup dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata de coco. Pengembangan produk-produk kesehatan dan energi terbarukan sanggup menjadi salah satu sumber pertumbuhan utama dalam agribisnis berbasis kelapa untuk menggerakkan perekonomian pedesaan sekaligus meningkatkan pendapatan petani. Produk ibarat minyak kelapa murni (virgin coconut oil, VCO) dan biodiesel sanggup dikembangkan dalam skala kecil di pedesaan, bahkan pada tingkat rumah tangga.

VCO merupakan minyak yang dihasilkan melalui proses tertentu sedemikian rupa sehingga seasli mungkin ibarat keadaan alaminya dalam daging kelapa (virgin). Ini juga dimaksudkan untuk membedakannya dengan proses pengolahan minyak kelapa yang melalui tahapan pemurnian (refining) sehingga melibatkan materi kimia. Dengan demikian, VCO bebas materi kimia.





Akar kelapa merupakan akar serabut, tebal dan berkayu yang berkerumun membentuk bonggol. Bunganya merupakan bunga beragam dan buahnya berukuran besar dengan diameter kira-kira 10-20 cm. Buah kelapa berwarna hijau, kuning, dan ada yang berwarna orange. Air Kelapa Muda sangat baik untuk dikonsumsi, selain sanggup menghilangkan dahaga di dikala kehausan, air kelapa muda mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Air buah nyiur ini ternyata punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat diperlukan badan ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, ibarat alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.

Jenis Jenis Kelapa

Kelapa Genjah
Kelapa genjah yaitu golongan kelapa yang mempunyai umur berbunga relative muda yaitu sekitar 4-5 tahun. Umur tumbuhan mencapai 50 tahun dengan masa produktif 25 tahun. Warna buah bervariasi , kuning, hijau dan jingga. Buah mempunyai ukuran kecil 1,5 kg – 2 kg, daging buah 0,5 kg dan air sekitar 200cc. Setiap butir kelapa menghasilkan kopra 150 gram perbutir dan minyak 68%.

Kelapa Gading
kelapa gading merupakan jenis kelapa genjah yang mempunyai buah berwarna kuning gading. Sebagian daun juga berwarna kuning. Tanaman ini berbuah pada umur 3 tahun.
Kelapa Raja : Kelapa raja merupakan jenis kelapa genjah yang mempunyai warna buah berwarna jingga hingga kuning emas. Pelepah daun dan pengecap tumbuhan berwarna kekuning-kuningan. Jenis kelapa ini berbuah 3-4 tahun. Dengan buah berbentuk lingkaran hingga lonjong


Kelapa Hijau (C.Viridis)
Kelapa hijau yaitu golongan kelapa yang mempunyai kulit buah berwarna hijau. Kelapa hijau termasuk golongan kelapa dalam. Memiliki pohon yang besar dan tinggi, serta buah berukuran besar. Biasanya buah kelapa hijau dipakai untuk upacara – upacara sesaji tradisional. Airnya sanggup dipakai untuk penawar racun, mengatasi muntah-muntah dan kepala pusing


Kelapa Merah (C.Rubecens)
Kelapa merah yaitu golongan kelapa yang mempunyai kulit buah berwarna merah atau cokelat. Jenis kelapa ini termasuk golongan kelapa dalam. Pohonnya mempunyai ukuran yang tinggi dan besar. Buah yang dihasilkan berbentuk lingkaran dan besar dan kandungan minyak cukup tinggi



Jadi yaitu sangat sempurna jikalau dalam gerakan kepanduan atau gerakan pramuka mengambil simbol tunas kelapa alasannya manfaat kelapa yang sanggup dimanfaatkan hampir semua bab tumbuhan ini. 


Batang pohon kelapa yang sudah sangat bau tanah sangat bagus buat materi bangunan yang mempunyai ketahanan bagus terhadap serangan rayap. Akar pohon kelapa sanggup dijadikan kayu bakar atau dijadikan ornamen hiasan. Batok kelapa sanggup dimanfaatkan sebagai arang, atau juga dibentuk aneka macam macam produk kerajinan tangan. Bagaimana dengan buahnya, manfaat buahnya sangat banyak selain tentu saja buat bumbu masakan dengan diambil santannya. Buahnya sanggup diambil minyaknya untuk dipakai sebagai minyak goreng.

Sabut kelapanya sanggup dimanfaatkan sebagai materi bakar dan sebagian dipakai untuk adonan pakan (cocopeat) dan juga untuk media tanam sebagai adonan pembuatan kompos.

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar