Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Senin, 14 Januari 2019

Perbedaan Tanaman Lampes, Kemangi Dan Sweet Basil

Manfaat Dari Tanaman Lampes, Kemangi dan Sweet Basil Bagi Kesehatan, Apa Saja Perbedaannya?

Kemangi ialah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, berpengaruh namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Daun lampes ialah salah satu daun yang bab pinggirannya bergerigi dan juga tajam. Kandungan alami yang ada di dalam daun lampes ampuh untuk mengobati gangguan kesegatan. Daun ini mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan masih banyak senyawa sehat lainnya. Daun basil merupakan salah satu rempah daun yang banyak digunakan dalam hidangan Italia. Bentuknya memang mirip dengan daun kemangi tetapi lebih besar, lebar dan tebal. Daun ini aromanya wangi tajam dan sangat khas. Ada banyak sekali jenis basil terutama yang digunakan pada kuliner Thailand.
Lampes / Ruku-ruku yang cukup dikenal dalam kuliner sumatera barat, Kemangi yang biasa terdapat dalam lalapan atau pindang ikan, dan Basil merupakan tumbuhan keluarga Lamiaceae dengan Genus Ocimum. Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) ialah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bab flora ini berbau dan berasa khas, kadang kala langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya.

Berikut ini Gambar 3 buah jenis "Basil" biar lebih gampang untuk membedakan dilihat dari ciri daunnya:
Lampes / Ruku Ruku
Kemangi / Selasih 
Basil / Sweet Basil
Kemangi atau Selasih yang juga dikenal dengan sebutan lemon basil mempunyai nama latin Ocimum citriodorum, dalam pemanfaatannya seringkali dihidangkan dalam bentuk lalapan segar bagi masyarakat Jawa barat, atau dimasukkan dalam pindang ikan Palembang. Rasa daun kemangi terasa pedas, dingin, manis, dan wangi aroma yang khas.
Selain Dimasak, Ini Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan
  1. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang sanggup menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan mudah.
  2. Menjadikan kulit sehat.
  3. Membantu menyamarkan bekas luka.
  4. Mengobati kulit infeksi.
  5. Untuk kulit bebas noda.
  6. Sifat anti penuaan.
Tanaman ini bisa dibudidayakan dari stek batang atau penyemaiaan benih dari bunganya yang telah mengering. Saat tumbuhan ini tumbuh besar, pemetikan pucuk tumbuhan harus seringkali dilakukan untuk menghindari munculnya bunga, ketika bunga muncul maka daun akan mengecil sehingga sulit dimanfaatkan dan tampilannya kurang bagus.
Selain itu, daun kemangi juga mengandung serat, protein, air (sebagian besar), vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, seng, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, dan kalium.
Sebagai herbal banyak sekali manfaat kemangi antara lain sebagai sumber antioksidan, mengatasi gula darah, obat demam, antiseptik alami, mencegah timbulnya banyak sekali bisul dan radang, meningkatkan imunitas badan dan lain-lain.
Antara Biji Selasih dan Kemangi. Biji selasih ini merupakan biji-bijian yang berasal dari tumbuhan yang berjulukan tumbuhan selasih. O iya, kemangi juga termasuk salah satu tumbuhan basil. Bedanya ialah kemangi tidak menghasilkan biji selasih dan hanya dimanfaatkan daunnya saja. Uniknya, daun selasih ini mempunyai wangi yang harum menyerupai daun kemangi.
Ruku-ruku yang cukup terkenal pada kuliner Sumatra barat, biasanya dimanfaatkan daun segar dan batang mudanya sebagai bumbu dalam kuliner gulai ikan menyerupai gulai ikan mas, tumbuhan ini juga dikenal dengan sebutan holly basil dan mempunyai nama latin Ocimum tenuiflorum, budidayanya sama menyerupai kemangi tetapi berdasarkan saya pertumbuhan tumbuhan ini agak lambat tidak menyerupai kemangi, apabila anda ingin menanam tumbuhan ini coba tanyakan tetangga anda yang berasal dari keturunan minang dan mempunyai hobi memasak mungkin bisa jadi beliau menanamnya.
Ekstrak tumbuhan ruku-ruku tersebut secara farmakologi mempunyai kandungan antibakteri yang sanggup melawan E. coli, S. aureus serta P. aeruginosa.
Manfaat Ruku ruku / Lampes. Studi/ penelitian lain memperlihatkan bahwa kerja kandungan Daun Lampes berkaitan dengan cellular antioxidant defence system. Ini berarti acara penurun kadar gula darah dilakukan oleh senyawa yang bekerja sebagai antioksidan di dalam daun tersebut.
Ruku-ruku atau Ocimum tenuiflorum merupakan tumbuhan terna yang tergolong familia lamiaceae. Tanaman ini menyerupai dengan kemangi sehingga orang sering salah kaprah. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk kuliner Minangkabau yang berupa gulai.
Selain sebagai antioksidan, penurun kadar gula, lampes juga berguna untuk mengatasi kelebihan lipida, termasuk lemak dalam darah. Lipida berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan manusia. Khasiat ekstrak lampes sebagai penurun kadar lemak dan membantu dukungan liver terhadap gangguan hiperkolesterol.

Tanaman Basil atau disebut juga "sweet basil" , biasanya dimanfaatkan pada kuliner Mediterania, mempunyai nama latin Ocimum basilicum, benihnya bisa di beli di toko tumbuhan dan mengusung perusahaan pembibitan menyerupai Yates dari Australia atau Sang Hyang Seri dari negri sendiri, budidayanya cukup mudah, cukup disemaikan dalam pot dan kemudian dipindahkan ketika panjangnya kira kira 3 cm, dan warna daunnya menarik.

Manfaat Tanaman Basil  Untuk Kesehatan

Mengatasi Batu ginjal
Tanaman ini baik untuk duduk kasus ginjal, terutama kerikil ginjal. Dimana mengkonsumsi jus basil yang dicampur dengan madu selama 6 bulan, sanggup membantu mengusir kerikil ginjal melalui terusan kemih.

Sebagai Anti-Stres
Daun Basil dianggap sebagai biro anti-stres. Studi terbaru memperlihatkan bahwa daun basil bisa memperlihatkan dukungan yang signifikan terhadap stres. Bahkan orang yang sehat bisa mengunyah 12 daun basil, dua kali sehari, untuk mencegah stres.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Basil ternyata mempunyai manfaat baik bagi mereka yang mengalami banyak sekali duduk kasus pencernaan, dengan cara membantu sekresi enzim pencernaan.

Pengobatan Diabetes Secara Alami
Akar basil ternyata baik untuk mengatasi duduk kasus diabetes. Dimana Anda hanya cukup merendam abu dari akar basil ke air dalam waktu satu malam dan paginya eksklusif di minum di pagi hari. Obat herbal ini diklaim sanggup membantu mempertahankan tingkat insulin di dalam badan dan merupakan obat alami untuk diabetes.

Jika melihat banyaknya manfaat dari jenis-jenis tumbuhan basil ini maka sangat dianjurkan untuk bisa menanam atau membudidayakannya dipekarangan rumah sebagai tumbuhan TOGA yang berguna untuk pengobatan banyak sekali penyakit secara alami, sudah saatnya kita kembali ke alam dan mengurangi konsumsi obat-obat kimiawi yang secara umum biasanya mempunyai imbas samping bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar