Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Kamis, 31 Januari 2019

Syarat Dan Cara Menciptakan Sangkar Sapi Yang Baik

Bagaimana Cara Yang Benar Dalam Membuat Kandang Sapi?

Ada beberapa faktor yang sanggup menghipnotis keberhasilan perjuangan penggemukan sapi potong, antara lain:
  • Bibit sapi bakalan yang bagus
  • Pakan yang berkualitas dan hemat (harga terjangkau)
  • Tenaga kerja yang cakap dan berpengalaman
  • Lokasi Usaha yang nyaman
  • Kandang yang sesuai dan memenuhi syarat
  • Manajemen pemeliharaan yang baik dan terprogram
  • Regulasi atau peraturan pemerintah yang mendukung dan memudahkan perjuangan penggemukkan sapi potong
Kali ini kita akan membahas problem perkandangan sapi sebagai salah satu faktor yang wajib diperhatikan semoga perjuangan pemeliharaan dan penggemukan sapi sanggup menghasilkan laba alasannya yakni sapi berkembang dan tumbuh dengan baik.

Sebuah sangkar sapi haruslah memenuhi persyaratan "nyaman" bagi penghuninya. Sapi yang berada dalam sangkar harus terbebas dari rasa takut dan stress, harus lezat makan dan minum. Kaprikornus dalam menciptakan sangkar kita harus memperhatikan beberapa persyaratan semoga sapi yang kita pelihara sanggup merasa nyaman di dalam kandangnya.
Kandang yakni struktur atau bangunan di mana binatang ternak dipelihara. Kandang seringkali dikategorikan berdasarkan jumlah binatang yang menempatinya; ada yang hanya berupa satu bangunan satu hewan, satu bangunan banyak binatang namun terpisah sekat, dan satu bangunan diisi banyak binatang tanpa sekat. Kandang merupakan salah satu kebutuhan penting dalam perjuangan peternakan. Kandang yakni struktur atau bangunan di mana binatang ternak dipelihara. Fungsi utama kandang yakni untuk menjaga supaya ternak tidak berkeliaran dan memudahkan pemantauan serta perawatan ternak.

1. Letak dan Arah Kandang
Menurut pengalaman penulis di lapangan, pertumbuhan bobot tubuh sapi dengan sangkar (bagian kepala sapi) yang menghadap ke timur lebih baik dibandingkan dengan sapi yang kandangnya menghadap arah lain. Maka, kalau membangun sangkar tunggal, sebaiknya dibentuk menghadap ke timur. Namun, kalau membangun sangkar ganda, buatlah membujur utara - selatan.

2. Ukuran Kandang
Ukuran sangkar harus diadaptasi dengan ukuran tubuh sapi dan jenis sangkar yang digunakan, apakah sangkar individu atau sangkar kelompok. Umumnya, kebutuhan luas sangkar sapi per ekor sekitar 1.5 x 2.5 m, 1.5 x 2 m, atau 1 x 1.5 m. Apa pun jenis sangkar yang dibuat, baik sangkar kelompok ataupun individu, peternak harus memenuhi kebutuhan luas sangkar per ekor tersebut.

3. Konstruksi Kandang
Konstruksi sangkar harus berpengaruh serta terbuat dari bahan- yang hemat dan gampang diperoleh. Di dalam sangkar harus ada drainase dan susukan pembuangan Iimbah yang gampang dibersihkan. Tiang sangkar sebaiknya dibentuk dari kayu berbentuk lingkaran semoga Iebih tahan usang dibandingkan dengan kayu berbentuk kotak. Selain itu, kayu lingkaran tidak akan melukai tubuh sapi, berbeda dengan kayu kotak yang mempunyai sudut tajam.

- Lantai
Lantai sangkar sapi biasanya dibentuk dari materi semen atau tanah yang dipadatkan dan dibentuk lebih tinggi dari lahan sekitarnya. Lantai sanggup dialasi jerami, karpet, kayu datar, papan, atau serbuk gergaji. Pemberian bantalan bertujuan semoga kaki dan tubuh sapi tidak terluka terkena lantai semen yang kasar. Pemberian bantalan juga menciptakan kaki dan tubuh sapi tidak gampang kotor serta tidak terjangkit basil penyakit. Selain itu, lantai yang diberi bantalan juga menjadi tidak cepat rusak akhir tergerus kaki sapi. Lantai sangkar harus kuat, tidak licin, dan dibentuk dengan kemiringan 15 derajat ke arah selokan di belakang sapi untuk mempermudah penampungan kotoran sapi dan pakan yang jatuh.

Kandang bakalan dan anakan biasanya hanya beralaskan semen. Sementara itu, sangkar pembibitan biasanya beralaskan serbuk gergaji atau sekam. Kandang pembibitan atau persalinan membutuhkan kondisi yang mutlak kering. Karena itu, setiap periode melahirkan, serbuk gergaji harus diganti dengan yang baru.

- Dinding
Dinding sangkar dihentikan tertutup seluruhnya, harus dibentuk terbuka sebagian semoga sirkulasi udara di dalam sangkar lancar. Bahan yang dipakai sebagai dinding sanggup berupa tembok beton, papan, kayu, bambu, dan bilik bambu. Kadang, dinding sangkar hanya berupa kawasan minum dan kawasan pakan yang dibentuk setinggi 0.5--1 meter dari permukaan tanah.

- Atap
Atap sangkar sanggup terbuat dari materi asbes, genting, rumbia, atau seng. Kandang untuk sapi potong sanggup memakai atap dari asbes, alasannya yakni sapi potong lebih tahan terhadap panas. Kandang sapi juga boleh tidak memakai atap alias terbuka. Kandang terbuka yang beratapkan langit ini biasanya dipakai untuk memelihara sapi bunting atau bakalan yang gres tiba di peternakan. Kandang ibarat ini membantu betina bunting untuk berlatih semoga proses melahirkan sanggup lancar.

- Lorong
Di sangkar individu, biasanya terdapat lorong di tengah sangkar sebagai area kemudian lintas peternak atau pekerja untuk memberi pakan atau minum sapi. Lorong ini biasanya berukuran 0.5--1 meter dan dibentuk dari materi semen. Lantai semen sebaiknya diberi corak garis-garis semoga tidak licin.

- Selokan
Selokan berfungsi sebagai kawasan pembuangan kotoran. Selokan biasanya dibentuk dengan lebar 20--30 cm dan kedalaman 10--20 cm. Selokan ini dibentuk di dalam sangkar di bab ekor sapi, baik itu di sangkar tunggal maupun sangkar ganda. Tujuannya, semoga pekerja gampang membersihkan kotoran dan urine sapi.

- Bak Pakan dan Minum
Bak pakan dan kolam air minum dibentuk di depan sangkar dengan perbandingan 2 : 1. Artinya, kalau panjang kolam pakan satu meter, maka panjang kolam air minum setengah meter. Tempat pakan dan minum ini dibentuk dari materi semen atau papan kayu dengan dasar rapat semoga pakan tidak gampang tercecer. Tempat minum dihentikan bocor dan harus gampang dibersihkan.

Sumber:
drh. Samsul Fikar & Dadi Ruhyadi di dalam bukunya, Buku Pintar Beternak & Bisnis Sapi Potong.

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus